Minggu, 15 Maret 2015

Cara Membuat Kue Matcha Berlapis Coklat

Resep Membuat Kue Matcha Berlapis Coklat - Pernahkan terpikir untuk memadukan green tea atau teh hijau bersama dengan coklat yang lezat? Ya, itulah yang coba dilakukan oleh salah satu blogger asal Thailand ini yang kemudian ingin mimin tuliskan ulang pada postingan kali ini. Ia menggunakan matcha (bubuk teh hijau khas Jepang) sebagai bahan dasar yang kemudian akan dijadikan kue (cookies) lalu dilapisi coklat hingga menjadi seperti ini :

Kue matcha berlapis coklat
Nah jika kamu juga ingin coba untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Namun tentu saja sebelumnya kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Baca Juga : Apa itu matcha?

Bahan (untuk membuat + 50 keping) :
  • 185 gram Tepung terigu
  • 7 gram Matcha
  • 60 gram Gula (disarankan menggunakan gula berkualitas paling baik / bersih)
  • Sejumput Garam
  • 125 gram Butter tawar (unsalted), potong menjadi kubus / kotak-kotak
  • 500 gram Coklat yang dilelehkan (bisa disiapkan belakangan)
  • Gula berwarna hijau untuk dekorasi (tidak wajib)

Langkah-langkah :

1. Campurkan tepung, gula, matcha dan sedikit garam dalam sebuah mangkuk (disarankan untuk menggunakan food processor) lalu aduk hingga merata.

2. Masukkan butter ke dalam campuran diatas dan aduk kembali hingga merata menggunakan food processor. Aduk hingga adonan merata.

Proses mencampur adonan kue matcha
3. Keluarkan adonan dari mangkuk / food processor, lalu pijat / remas untuk menghaluskan atau memadatkan adonan.

4. Jika sudah, roll (ratakan) adonan hingga memiliki ketebalan kira-kira setengah sentimeter (5mm), lalu tutupi (bisa dengan plastik) dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. Langkah ini sangat penting untuk mengurangi resiko adonan "mengembung" ditengah.

Memotong adonan kue matcha
5. Siapkan loyang dan letakkan baking mat (semacam alas untuk membuat kue, agar tidak lengket) diatasnya. Keluarkan adonan yang sudah di dinginkan dan potong kecil-kecil dengan ukuran kira-kira 3.5 cm atau sesuai selera dan tempatkan di atas loyang yang sudah disiapkan. Lalu masukkan kembali ke dalam kulkas selama 30 menit sebelum mulai di oven.

6. Sembari menunggu 30 menit, panaskan oven hingga mencapai suhu 160 derajat celcius

7. Setelah didinginkan selama 30 menit dan oven sudah mencapai suhu 160 derajat, masukkan adonan ke dalam oven selama lebih kurang 17-20 menit, atau hingga berwarna sedikit keemasan.

8. Jika sudah, silahkan angkat dan dinginkan kue tersebut sebelum dilapisi coklat.

9. Sementara menunggu dingin, lelehkan 500 gram coklat (bisa menggunakan milk atau dark chocolate, sesuai selera) dan kemudian lapisi kue teh hijau tadi dengan coklat. Taburi dengan gula berwarna hijau untuk menghiasinya agar terlihat lebih cantik.

Lapisi dengan coklat
Biarkan hingga dingin dan coklat mengeras sebelum disajikan. Kue matcha berlapis coklat ini cocok untuk dihidangkan dengan susu ataupun minuman teh. Jika kamu kesulitan mencari dark chocolate untuk lapisannya, kamu bisa mencarinya di Google.

Selamat mencoba! Sumber : Daily Delicious

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan di moderasi / di seleksi oleh admin sebelum ditampilkan